4 Hal Yang Wajib Dilakukan Kalau Mau Hasilkan Konten Marketing Yang Efektif
konten marketing

4 Hal Yang Wajib Dilakukan Kalau Mau Hasilkan Konten Marketing Yang Efektif

Dunia online tidak pernah bisa lepas dari pembuatan konten atau conten creation dan juga content marketing. Namun yang harus kita sadari adalah setiap tahun bahkan lebih cepat dari itu, dalam hitungan bulan berbagai perubahan terjadi baik pada algoritma search engine maupun sosial media.

Lalu bagaimana kita bisa tetap bersaing bahkan berhasil membawa produk atau content kita menjadi viral atau berada di halaman pertama search engine?

1# Update dan riset bagaimana user mengkonsumsi konten

marketing strategy
marketing strategy

Ya, update dan riset bagaimana user mengkonsumsi konten akan mempengaruhi bagaimana strategi kita menyajikan konten-konten yang kita buat. Sebagai contoh, jika kita mundur pada 5 atau 8 tahun ke belakang mayoritas pengguna internet masih menggunakan desktop atau laptop untuk mengases. Namun dalam 2 tahun belakangan ini, hampir 80 persen user mengakses melalui smartphone.

Tentu kita harus merubah strategi, mulai dari mengubah fokus dari yang dulu desktop view kepada mobile friendly. Dulu biaya untuk data internet mahal, sehingga user berpikir dua kali sebelum mengases konten gambar atau video, namun sekarang sangat terjangkau sehingga user sangat suka dengan konten gambar dan video, dan masih banyak hal lainnya yang bisa kita pelajari yang akan mempengaruhi cara kita menyajikan konten.

2. Berani jujur

Saat ini banyak perusahaan menggunakan kampanye yang menggugah dan “cause marketing” untuk menarik user atau klien. Namun konsumen pun sudah semakin pintar, dan mereka akan segera tahu dan bosan jika ternyata brand atau produk menggunakan hal tersebut hanya sebagai pemanis saja.

Dalam blognya, Neil Patel mengutip dari Digiday bahwa saat ini konsumen mulai jengah dengan iklan brand yang menggunakan klaim “ramah lingkungan”, berkontribusi untuk kegiatan sosial dan perusahaan yang mendukung suatu tujuan. Konsumen malah melihatnya sebagai tindakan putus asa untuk menarik perhatian konsumen.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Berdasarkan survey Nielsen, konsumen ternyata masih lebih mempercayai rekomendasi dari orang yang mereka kenal, yaitu sekitar 80an persen konsumen. Sisanya sekitar 70an persen adalah rekomendasi website terkenal, editorial content seperti Koran rata-rata sekitar 60an persen, paling kecil adalah iklan di sosial media yang hanya 30-50an persen.

Jadi jujurlah dalam membuat konten produk yang akan kamu promosikan. Pastikan akuntabilitasnya, sehingga apa yang disampaikan tidak membuat konsumen merasa dimanipulasi atau dibohongi. Sebuah kekecewaan bisa berdampak sangat buruk bagi sebuah brand!

3. Kualitas konten

quality content
quality content

Platform apapun yang kamu gunakan untuk promosi, selalu dibutuhkan konten. Untuk itu pastikan konten yang digunakan adalah konten berkualitas. Konten berkualitas bukan hanya konten yang bagus, tapi juga konten yang tidak bisa mereka dapatkan di tempat lain.

4. Konten yang bersifat pribadi

personalisation content
personalisation content

Hal ini tidak pernah berubah, kapanpun dan platform manapun. Pastikan bahwa konten yang dibuat menyentuh kehidupan konsumen, sesuatu yang spesifik yang menjawab kebutuhannya. Jika konsumen bisa mengalami hal itu, lalu ia mencoba produk dan membuktikan apa yang diiklankan, maka secara otomatis dia akan merekomendasikannya kepada orang lain tanpa diminta. Hal ini membuktikan strategi konten marketing yang kamu buat berhasil.

Puji Astuti

My name Puji Astuti, I’m writer and Online Media Enthusiast that loved to read, learn new thing and sharing my skill. In this site I will share my though and what I’m doing, I hope it can be bless for others. Read More

This Post Has 2 Comments

  1. AHMAD AMIN

    apakah meeting di indoor atau outdoor berpengaruh?

    1. Puji Astuti

      Pengaruhnya saat outdoor adalah distraction dari sekitar, itu yang perlu diperhatikan. semoga membantu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.