Belajar Lagi, Sekarang Tentang Hal Dasar dari User Experience

Belajar Lagi, Sekarang Tentang Hal Dasar dari User Experience

Beberapa bulan ini saya tertarik dengan beberapa topik, pertama adalah Growth Hacker dan kedua adalah tentang UX (User Experience), akhirnya setelah browsing sana-sini, pilihan jatuh pada kursus online di Udemy untuk memuaskan keinginan tahu.

Walaupun mulainya dari Growth Hacker dulu, tapi perhatian sepertinya lebih kesedot ke UX dulu.

Berkecimpung dalam dunia online media lebih dari 10 tahun, maka bicara tentang tampilan web dan apps bukanlah hal yang asing lagi. Namun mendalami ke user experience baru kali ini, biasanya lebih fokus ke content, terutama artikel.

Hal mendasar dalam User Experience

Ternyata user experience bukan cuma berlaku sama produk online, tapi bisa diaplikasikan kepada semua produk, tentu diharapkan produk itu bisa disukai pengguna. Tapi untuk sebuah produk bisa memiliki user experience yang bagus, fokusnya bukan hanya kepada fungsi produk saja, tapi juga harus memiliki visual design yang baik.

Selain dua hal tadi, fungsional produk dan visual designnya, sebuah produk juga harus memenuhi kebutuhan user tapi juga sesuai dengan tujuan yang ditetapkan oleh produsennya.

Nah untuk bisa sampai ke sana, mereka yang merancang user experience harus melalui lima tahap, yaitu :

  1. Strategy  : alasan mengapa produk itu dibuat
  2. Scope : menentukan fungsi dan fitur apa saja yang akan ada
  3. Structure : mengatur dimana dan berapa banyak konten dan informasi yang akan ditampilkan
  4. Skeleton : Menentukan alur dan navigasi saat informasi disampaikan kepada user
  5. Surface : yang terakhir ini baru tampilan yang dilihat oleh user, mulai dari tombol, gambar, huruf, teks dan berbagai interaksi atau animasi yang diharapkan muncul.

Ternyata banyak ya yang harus dipersiapkan untuk membuat sebuah produk, (itu juga yang muncul dalam pikiran saya saat mempelajari hal ini). Ternyata membuat sebuah produk yang baik tidak semudah yang kita bayangkan. Namun semua tetap bermula dari ide dan kreatifitas.

Nah, selanjutnya apa lagi untuk bisa membuat sebuah produk yang memiliki UX yang bagus? Tunggu postingan selanjutnya ya.. saya belajar dulu.. 😛

Puji Astuti

My name Puji Astuti, I’m writer and Online Media Enthusiast that loved to read, learn new thing and sharing my skill. In this site I will share my though and what I’m doing, I hope it can be bless for others. Read More

This Post Has 2 Comments

  1. farida

    wah ilmu yang bermanfaat sekali. terimakasih ya sudah berbagi 🙂

  2. Artha Amalia

    Waaah ada kursus online-nya ya? Baru tahu… Ternyata banyak hal yg kudu dipelajari untuk rancang ux

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.